PKPU

Berita Korporasi

KELOMPOK USAHA SINAR MULYA LUNCURKAN PRODUK BARU

Tuesday, June 20th, 2017

Bandar Lampung – Sebagai terobosan baru produk olahan melinjo, Kelompok Usaha kelurahan Keteguhan luncurkan produk baru yakni Keripik Kulit Melinjo dan Stik Emping Melinjo (19/6). Inovasi ini juga langsung didaftarkan dalam perizinan PIRT Dinas Kesehatan kota Bandar Lampung. Masih banyak perbaikan di dalam keduanya, tetapi tidak menunda pengeluaran izin PIRT. Perbaikan produk dapat dilakukan seiring pemasaran yang dilakukan kelompok usaha.
Bertempat di bangunan miniplant, para Kader Berdaya memulai pengolahan sampel produk ini. Tepat pukul 09.00 WIB produksi mulai dilakukan. Meski anggota kelompok usaha yang hadir hanya 2 orang, namun tidak menyurutkan niat mereka untuk mengembangkan inovasi baru lainnya.
“Produksi perdana stik emping melinjo dan keripik kulit melinjo ini memang masih banyak kekurangan di sana sini, maklum saja ini merupakan olahan pertama kami. Jelas saja perlu adanya masukan dari semua pihak demi berkembangnya olahan ini agar dapat terjual di masyarakat,” ujar bu Maimunah, salah satu pengolah.
Sampel produk keripik kulit melinjo dan stik melinjo ini selanjutnya langsung diserahkan ke Dinas Kesehatan untuk di uji dan di minta saran serta masukannya.
“Untuk penampilannya stik melinjo sudah cukup menarik hanya saja untuk mendapat aroma stik yang menarik bisa ditambahkan dengan daun sledri dalam proses pengolahannya. Sedangkan keripik kulit melinjo saya rasa cukup menarik hanya saja pengadukan bumbu yang tidak merata menjadikan sebagian kulit melinjo tidak tertutup bumbu. Sedangkan untuk rasanya kami akan mencoba selanjutnya dan akan kami kabari apakah perlu adanya masukan yang lain yang bisa digunakan dalam pengembangan produksi keduanya,” tutur bu Nensi Tarigan, perwakilan Dinkes.
Perizinan PIRT memang sudah dapat diambil untuk langsung di cetak dan selanjutnya adalah memasarkan produk olahan tersebut. Tetapi untuk masuk ke supermarket belum bisa meskipun sudah memiliki PIRT karena produksi ke supermarket harus bisa menyediakan produk lebih banyak. Namun produk tersebut masih dapat dijual di sekitar kecamatan Teluk Betung Timur sehingga masih dapat meningkatnkan pendapatan sebagai modal pembuatan produksi untuk didistribusikan ke supermarket. (Sari/Gie/PKPU_HI)
IMG-20170620-WA0005 IMG-20170620-WA0006 IMG-20170620-WA0007 IMG-20170620-WA0008 IMG-20170620-WA0009

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather